Senin, 29 Oktober 2012

Peluang Usaha Membuka Panti Pijat

Peluang Usaha Membuka Panti Pijat

tips memulai  usaha panti pijat Pernahkah anda berpikir untuk membuka usaha yang unik dan tidak banyak yang melakukannya. Jika iya, cobalah untuk membuka usaha panti pijat.
Menarik bukan?
Jika anda memiliki rekan yang jago pijat atau memiliki keahlian memijat titik-titik akunptur maka anda bisa memulai  usaha panti pijat  ini karena usaha ini adalah usaha jasa yang mengandalkan keahlian memijat.
Apabila anda kesulitan dalam memulai dan menjalani usaha ini, anda tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa info mengenai tips membuka usaha Panti pijat.
Dengan demikian paling tidak anda bisa segera membuka usaha panti pijat ini dan usaha panti pijat anda ini akan berjalan dengan lancar.
Pertama, pastikan anda mengetahui siapa target pelanggan anda.
Biasanya pelanggan yang anda cari adalah pelanggan yang memiliki kesibukan luar biasa sehingga sering mengalami capek dan pegal-pegal. Biasanya pegawai pabriklah, pekerja kantoran, sales yang sering mengalami hal ini.
Anda bisa mempromosikan usaha ini ke pabrik-pabrik, perkantoran maupun memberikan promosi discount/paket berlangganan kepada mereka.
Dengan cara ini order demi order akan anda terima di beberapa hari ke depan. Tentu saja hal ini juga harus didukung dengan tenaga pijat yang professional dan tahu titik pijat yang benar sehingga pelanggan pun akan puas dengan layanan anda.
Kedua, setelah melakukan promosi, anda bisa menyediakan beberapa karyawan yang memiliki keahlian dalam hal pijat-memijat.
Pastikan pula karyawan anda tersebut juga ramah kepada pelanggan sehingga anda tidak akan mengalami masalah dengan pelayanan yang tidak memuaskan dari karyawan anda di kemudian hari.
Ketiga, pasanglah harga yang tidak terlalu mahal. Mengingat target pelanggan anda adalah pegawai pabrik. Namun apabila anda cukup ulet, anda bisa mencoba untuk mempromosikan usaha anda ini ke kantor-kantor yang memiliki pegawai kaya sehingga anda bisa memasang harga yang lebih mahal untuk mereka.
Sekarang pilihan ada di tangan anda, jangan sampai anda salah dalam membuka usaha ini karena usaha panti pijat meskipun kurang begitu popular bisa menjadi sebuah usaha yang menguntungkan apabila anda giat menekuni usaha ini.
Modal awal untuk memulai usaha panti pijat ini:
1. Usaha panti pijat seharusnya di buka di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat kota seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, pasar, dll
Lokasi strategis ini adalah salah satu tips menjangkau pelanggan baru. Selain itu usaha panti pijat milik anda bisa lebih mudah dijangkau konsumen.
Bangunan/kios usaha panti pijat yang anda sewa harus memiliki lahan parkir minimal 30 meter persegi, sehingga akan muat beberapa mobil dan motor yang terparkir dengan rapi.
Namun jika misalnya modal anda terbatas maka anda bisa memulai usaha panti pijat ini di rumah dengan sistem jemput bola, artinya anda mendatangi konsumen anda.
Tentunya jika harga dan pelayanan yang anda berikan terjangkau dan memberikan manfaat, anda bisa tetap memfokuskan layanan jemput bola ke rumah konsumen dengan merekrut tenaga-tenaga terlatih.
Sehingga pada akhirnya nantinya anda selain pemilik, juga mengatur jadwal kunjungan/permintaan pijat dari banyak konsumen anda.
Jika ternyata teknik memijat anda banyak disukai oleh pelanggan, maka anda perlu memikirkan untuk membuka usaha permanen, seperti menyewa kios sehingga selain anda tetap melayani permintaan datang ke rumah pelanggan, kios anda juga bisa menerima pijat di tempat.
Kunci sukses dalam mengelola usaha panti pijat ini salah satunya adalah dari tenaga pemijatnya sendiri, karena itu pastikan bahwa  usaha panti pijat yang anda bangun adalah benar-benar pijat keluarga. Dengan demikian kesan yang ditimbulkan adalah baik dan tentu saja,  usaha panti pijat anda akan menjadi salah satu tujuan orang untuk memulihkan kondisi tubuhnya.
Kunci sukses kedua adalah interior yang nyaman untuk pelanggan, seperti misalnya ranjang yang didesain khusus/kursi standar yang nyaman (untuk refleksi), musik, Ac, penerangan yang secukupnya, kebersihan dan perkakas pijat seperti minyak gosok, aroma teraphi, perlengkapan mandi, ruang tunggu untuk pengunjung, ruang istirahat untuk pemijat
Analisa pemasukan usaha panti pijat
Untuk usaha panti pijat berskala kecil dengan rata-rata kunjungan 10-15 orang sehari, maka omset pendapatan bisa mencapai 500 ribu sd 750 ribu sehari dengan tarif pijat rata-rata 90 menit @Rp. 50.000.
Nah, untuk gaji yang diterima para pemijat sendiri jika usaha panti pijat anda masih berskala kecil adalah dengan sistem komisi, artinya pendapatan dia di hitung dari seberapa banyak dia melayani pelanggan.
Misalnya saja dari mulai 10 ribu sd 15 ribu/orang. Untuk tertibnya, bisa dijadwal sesuai nama sehingga seluruh terapis/pemijat mendapatkan bagian yang proporsional untuk melayani pengunjung, terkecuali pengunjung sendiri yang meminta dipijat oleh terapis tertentu, jika demikian urutan bisa saja berubah.
Namun paling tidak dengan sistem kekeluargaan dan transparan, tidak akan membuat sesama terapis/pemijat merasa diperlakukan tidak adil.
Karena itu penting sekali anda menerapkan SOP/standar pemijatan yang baku sehingga diharapkan semua pemijat memiliki teknik dan urutan yang sama.
Biasanya selain komisi, pendapatan dari pemijat juga didapat dari tips yang diberikan oleh pengunjung dari mulai 5 ribu sd 10 ribu bahkan kadang lebih.
Disamping itu, bisa juga anda sebagai pemilik menyediakan makan atau mess (tempat tidur) bagi para pemijat yang dari luar kota.
Penghasilan bersih yang didapat dari usaha panti pijat ini bisa mencapai 30%-60%  dari omset pemasukan sebulan.

Tidak ada komentar: