Senin, 26 Maret 2012

Buah Pinang Sebagai Media Mengusir Mahluk Halus

Lumajang- Pinang merupakan tanaman yang mudah tumbuh di Indonesia, tanaman tersebut, biasanya sering kita jumpai di pekarangan rumah dan bahkan ada yang tumbuh liar. Nenek moyang kita terdahulu sering memanfaatkan tanaman pinang sebagai kesehatan gigi, dengan dicampur sirih.

Selain dimanfaatkan sebagai obat untuk memperkuat kesehatan pada gigi, ternyata buah pinang mengadung kekuatan magis. "buah pinang mempunyai mistik yang sangat kuat mas,"ujar Hamid (47) salah satu seorang tabib dan sekaligus spiritual asal kabupaten Lumajang. kepada pedomannusantara.com Sabtu (24/3/12) siang.

Lebih lanjut, Hamid menjelaskan, bahwa untuk buah pinang yang mengadung kekuatan mistik yaitu terletak pada buah pinang yang sudah tua. Untuk mengetahui tua dan tidaknya buah pinang tersebut, biasanya ciri-cirinya terletak pada ketika buah pinang dikocok berbunyi maka itulah buah pinang yang tua. "yang mengadung tuah mistik yaitu pinang tua,"jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, untuk manfaat mistik dari buah pinang tua tersebut ialah sebagai pengusir mahluk halus penghuni rumah, dan yang memiliki niatan jahat pada sang pemilik rumah itu sendiri. "untuk mengusir mahluk halus yang punya niatan jahat pada pemilik rumah,"terangnya.

Untuk tatacara memanfaatkan buah pinang tersebut, sebenarnya sangatlah sederhana, cukup ambil buah pinang yang sudah tua, sebanyak sembilan buah, kemudian buah pinang tersebut dibungkus dengan kain hitam, setelah itu gantunglah kain hitam yang berisi pinang tersebut, diatas pintu masuk rumah. Namun sebelum digantung bacakanlah sholawat sebanyak tiga kali, insyallah mahluk halus yang mempunyai niatan jahat pada penghuni rumah itu akan pergi dengan sendirinya. "caranya simpel dan sederhana kok mas

Tidak ada komentar: