Kamis, 29 Maret 2012

Cara Membuat Parfum dari Bunga

Seperti dalam kasus berbagai kosmetik dan perawatan kecantikan, asal parfum juga ditelusuri kembali ke Mesir kuno. Bahkan Romawi dan Persia menguasai seni membuat parfum. Karena adanya kekhawatiran tentang penggunaan parfum sintetis yang mengandung bahan kimia tertentu yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Jadi, parfum buatan sendiri dapat digunakan, jika Anda tidak menginginkan bahan kimia tersebut. Membuat parfum di rumah bukanlah tugas yang sulit, jika Anda tahu metode yang tepat. Lanjutkan membaca artikel ini untuk beberapa informasi tentang bagaimana membuat parfum dari bunga.
Membuat Parfum dari Bunga
Parfum dapat disiapkan di rumah dengan mudah, dengan bunga atau minyak esensial. Yang Anda butuhkan adalah pemahaman dasar tentang metode mempersiapkan parfum buatan sendiri. Berikut ini adalah beberapa metode yang populer untuk membuat parfum dari bunga.
Mudah Metode untuk Membuat Parfum di Rumah
Ini adalah salah satu resep paling sederhana untuk membuat parfum di rumah. Dalam rangka untuk mempersiapkan parfum buatan sendiri dari bunga, Anda membutuhkan beberapa air (2 gelas) dan beberapa kelopak bunga cincang (2 cangkir). Anda dapat menggunakan bunga seperti, mawar, melati, Sampaguita, honeysuckle, bunga jeruk atau bunga lainnya dengan keharuman. Kumpulkan bunga-bunga di pagi hari atau ketika mereka akan terbuka. Bunga dengan aroma yang kuat bekerja dengan baik untuk membuat parfum di rumah.
Ambil mangkuk cukup besar untuk menampung bunga-bunga cincang. Tempatkan sepotong kain tipis di atas mangkuk sedemikian rupa sehingga tepi kain menggantung di luar tepi mangkuk.
Sekarang, tempat bunga mekar cincang di dalam mangkuk dan tambahkan air. Tutup mangkuk dan memungkinkan untuk duduk semalam.
Keesokan paginya, memegang tepi kain tipis dan angkat dalam bentuk tas. Air di mangkuk akan memiliki aroma sedikit. Memeras kantong kain, sehingga air wangi di dalamnya tidak terbuang.
Sekarang, ambil panci dan tuangkan air wangi ke dalamnya. Tempatkan panci di atas api kecil dan biarkan mendidih, sampai panci memiliki tiga sendok makan cairan yang tersisa di dalamnya. Anda dapat menyimpan ini parfum buatan sendiri dalam botol kaca kecil, selama satu bulan.
Parfum buatan sendiri dari Bunga – Resep II
Resep ini juga mirip dengan sebelumnya, tetapi memiliki sedikit variasi. Sesuai resep ini, Anda memerlukan 2 cangkir bunga cincang dan empat cangkir air suling.
Tempatkan kelopak bunga dalam mangkuk kaca dengan air suling. Anda juga dapat memilih untuk di atas mengatakan metode kain tipis. Tutup mangkuk dan biarkan duduk semalam.
Keesokan paginya, saring air wangi dalam mangkuk ke dalam panci dan meletakkannya di panas rendah. Biarkan sampai air mendidih, sampai mendapatkan dikurangi untuk beberapa sendok. Sekarang, biarkan aroma terkonsentrasi dingin, sebelum menyimpan di botol kecil berwarna gelap disterilkan.
Sekarang tambahkan lima sendok vodka diberi wewangian dengan botol parfum, ke mana Anda harus menambahkan dua sendok makan aroma bunga terkonsentrasi.
Anda dapat menggunakan parfum setelah tiga sampai empat hari. Kocok botol baik sebelum digunakan. Dalam kasus Anda ingin membuat parfum ringan, tambahkan satu atau dua sendok makan air suling. Jika Anda ingin lebih kuat, tambahkan satu sendok makan aroma bunga.
Kata di atas adalah beberapa metode yang mudah tentang bagaimana membuat parfum dari bunga. Anda juga dapat mencoba membuat parfum dengan minyak esensial. Dalam kasus itu, mendapatkan botol kecil minyak esensial pilihan Anda, bersama dengan 100 vodka proof dan air suling. Ambil dua ons dari 100 bukti dalam botol vodka dan menambahkan sekitar 10-12 tetes minyak esensial pilihan Anda (Anda juga dapat menggunakan campuran minyak esensial). Biarkan campuran duduk selama dua hingga tiga hari, sebelum menambahkan dua sendok makan air suling ke dalam botol. Aduk rata dan memungkinkan untuk duduk selama tiga hari, sebelum digunakan.
Sekarang Anda memiliki pemahaman yang adil tentang membuat parfum di rumah, dengan bunga serta minyak esensial. Jadi, cobalah resep ini untuk beberapa wewangian buatan sendiri yang unik. Jika Anda harus membeli bunga, kemudian bilas mereka untuk memastikan bahwa mereka bebas dari pestisida.

Cara Membuat Potpourri, Wangi-wangian dari Bunga Kering

 Potpourri adalah campuran bunga kering yang digunakan sebagai wangi-wangian untuk memberi aroma lembut di ruangan, biasanya diletakkan di mangkuk kayu atau dikemas menggunakan kantong kain kecil. Disini kita akan belajar bagaimana cara membuat potpourri.

1. Cara memilih bunga
Anda dapat meminta bunga yang akan dibuang dari toko bunga atau memetik sendiri. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan saat memilih bunga untuk membuat potpourri :
a. Cari bunga yang utuh, kerusakan pada bunga akan mengurangi kadar aroma alami bunga.
b. Pilih bunga yang dipetik pada pagi hari, setelah embun menguap
c. Pilih bunga yang baru mekar dan bebas hama
d. ambil bunga empat kali jumlah yang dibutuhkan. Bunga akan menyusut saat dikeringkan.

2. Pengeringan
Proses pengeringan bunga biasanya memakan waktu hingga dua minggu. Ada dua metode pengeringan bunga yaitu :
a. Air drying
i. Letakkan bunga di kaca jendela.
ii. Jangan letakkan terlalu rapat atau bertumpuk.
iii. Tunggu hingga sekitar 1 minggu.
b. Hanging
i. Ikat beberapa bunga dengan menggunakan senar.
ii. Gantung secara terbalik dan biarkan mengering.

3. Pencampuran
a. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial (minyak atsiri) pada bunga yang telah dikeringkan sampai aromanya tercium. Banyaknya minyak yang diteteskan tergantung selera masing-masing

b. Simpan di dalam wadah tertutup, letakkan di tempat yang tidak terlalu panas dan tunggu selama 4-6 minggu sampai aromanya meresap pada bunga kering. Aduk campuran setiap 2-3 hari sekali.
c. Tata potpourri pada gelas atau mangkuk hias. Bisa juga dimasukkan ke dalam kantong serut kecil dan diberikan kepada orang kesayangan.

TIPS:
[*] Pastikan bunga benar-benar kering sebelum dicampur dengan minyak esensial. Hal ini untuk mencegah bunga membusuk saat dicampur dengan minyak atsiri.
[*] Minyak esensial atau yang biasa dikenal dengan minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian (semacam bibit minyak wangi) dan umumnya tersedia dalam berbagai macam aroma bunga. Sesuaikan aroma minyak dengan aroma bunga, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk membuat potpourri dari berbagai jenis bunga. Selamat mencoba.

3 Tips Memilih Parfum yang Tepat untuk Anda

 

Ada ribuan parfum yang dijual di pasaran dan kadang-kadang sulit untuk memilih salah satu yang cocok dengan selera Anda, kepribadian, dan faktor lainnya. Berikut ini adalah tips dasar yang berguna bagi Anda dalam memilih, bahkan memakai parfum yang sempurna bagi Anda.
1.Tentukan Anggaran
Harga parfum bervariasi dari yang murah sampai yang mahal, yang diproduksi oleh brand parfum ternama. Tentukan anggaran yang akan Anda keluarkan untuk membeli parfum, jangan sampai setelah Anda membeli parfum yang mahal ternyata wanginya tidak cocok bagi Anda.
2. Tahu apa yang Anda inginkan, terutama wanginya
Tentukan jenis aroma apa yang Anda inginkan dan kapan waktu penggunaanya. Misalnya, untuk acara khusus atau penggunaan sehari-hari. Jika Anda akan bertemu dengan seseorang yang Anda suka, cari tahu aroma apa yang dia suka. Sedangkan, untuk penggunaan sehari-hari seperti pergi bekerja atau kuliah, pilih aroma yang lebih ringan dan lebih segar.
Faktor lainnya seperti cuaca atau musim juga perlu dipertimbangkan. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah yang lembab, aroma bunga cocok untuk Anda pilih. Jika Anda sering dikelilingi oleh orang banyak, jangan memilih parfum yang beraroma terlalu kuat, karena tidak semua orang suka parfum. Jika aktifitas Anda banyak dilakukan diluar ruangan pilih aroma buah atau bunga karena cukup menyegarkan.
3. Hati-hati saat memilih parfum sebelum memutuskan untuk membelinya.
Sebelum Anda mulai menyemprotkan parfum ke pergelangan tangan, semprotkan dulu ke kartu atau kertas dan putuskan apakah Anda menyukai aromanya. Jika tidak, pilih aroma parfum yang lainnya. Setelah Anda menemukan parfum yang cocok untuk Anda, lakukan pengujian pada tubuh Anda. Oleskan sedikit pada pergelangan tangan atau bagian belakang lengan. Kadang-kadang pramuniaga menawarkan Anda untuk mengoleskan parfum yang mereka pilih ke kulit Anda, sebaiknya tolak itu karena kulit kita bereaksi dengan cara yang berbeda-beda. Setelah memastikan parfum apa yang akan Anda beli. Tunggu beberapa saat, karena baunya baru akan muncul dan baunya akan berubah setelah beberapa saat.

Membuat Parfum (Minyak Wangi) dari Bunga

 Bagi anda yang memiliki tanaman yang berbunga di rumah dan ingin membuat parfum (minyak wangi) sendiri, anda dapat membuat parfum (minyak wangi) sendiri dari bunga. Adapun bunga-bunga tersebut adalah bunga mawar, melati, kemuning, bunga jeruk atau bunga lain yang mengeluarkan aroma yang harum.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
Kumpulkan bunga-bunga di pagi hari, pilih bunga yang masih mempunyai aroma yang kuat, karena hal tersebut akan membuat parfum yang kita buat nanti juga mempunyai aroma yang kuat. Ambil beberapa kelopak bunga yang anda suka, anda dapat menggunakan salah satu bunga tersebut. Cincang atau potong-potong bunga tersebut secara harus.

Ambil mangkok (atau tempat apa saja), tempatkan kain tipis di atas mangkok sedemikian rupa sehingga tepi kain menggantung di luar tepi mangkok. Taruh bunga yang sudah dicincang halus tersebut di atas kain. Siram atau tambahkan dengan 2 gelas air putih, sehingga bunga tersebut diatas kain dan terendam air. Tutup mangkok dan simpan atau diamkan selama semalam (1 hari).

Keesokan paginya, angkat kain sedemikian rupa sehingga berbentuk kantong dan peras kain dengan bunga yang ada di dalamnya. Ambil panci dan rebus atau panaskan di atas kompor dengan api yang kecil, biarkan sampai mendidih dan tinggal 3 sendok makan, dinginkan dan masukkan ke dalam botol. Parfum (minyak wangi) telah siap untuk digunakan.

Parfum (minyak wangi) ini dapat anda simpan di botol selama 1 bulan.

Selamat mencoba…!!!!. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar: