Apakah Anda menunjukkan Pencitraan Bisnis yang "Tepat" untuk Menarik Pelanggan ?
Seorang vice president jaringan toko terkemuka terkejut mengetahui bahwa cat yang mengelupas di eksterior toko menunjukkan perilaku yang buruk terhadap pelanggan mereka. Pemiliki restoran tidak melihat bagaimana lapangan parkir yang dipenuhi rumput liar menunjukkan pesan dan citra kebersihan bagi calon pelanggan. Seorang staf hotel tidak mengerti pentingnya tanda petunjuk di tempat parkir. Seorang manajer bank tidak berpikir bahwa grafitti disamping mesin ATM adalah masalah besar. Manajer toko grosir tidak mengerti mengapa sampah yang tertinggal di kereta belanja merupakan masalah yang besar bagi pelanggan.Kesan pertama terbentuk di dua atau tiga detik pertama. Saat persepsi atau kesan negatif tercipta, maka akan sulit sekali dirubah. Pelanggan potensial terlanjur membentuk opini tentang bisnis Anda sebelum mereka melangkah ke tempat Anda. Sangat penting memberikan kesan pertama yang positif. Apa yang dilihat pelanggan di luar bisnis Anda menunjukkan jika Anda memiliki organisasi yang didasarkan pada layanan pelanggan yang positif. Pelanggan akan mendasarakan opini mereka terhadap bisnis Anda atas persepsi mereka terhadap beberapa tampilan luar. Sama seperti kata yang terucap dalam bahasa tubuh, tampilan luar gedung, tempat parkir, pencahayaan dan rambu-rambu semuanya mengkomunikasikan pada pelanggan potensial Anda.
Pertimbangkan hal-hal berikut untuk memberikan citra terbaik untuk menarik dan mempertahankan pelanggan Anda:
Tempat parkir. Pelanggan masuk ke dalam tempat parkir Anda. Dia membuka pintu mobil dan menginjak kotoran. Perutnya mual dan dia segera kembali ke mobil dan pergi. Anda baru saja kehilangan penjualan. Karena pelanggan pertama kali masuk ke tempat parkir Anda, maka penting memeliharanya dengan baik. Artinya, tanpa jalan yang berlubang! Lahan parkir bebas dari rumput liar. Tidak boleh ada sampah. Tempat parkir disapu dan dibersihkan secara teratur. Mudah untuk melihat dimana tempat parkir berdasarkan tanda yang terlihat jelas. Tempat yang memadai tersedia untuk orang cacat, terlebih jika sebagian besar klien Anda dalah orang tua. Pohon dirapikan dan daun yang berguguran di bersihkan secara rutin.Penampilan gedung luar. Apakah eksterior bangunan Anda bersih dan terawat dengan baik? Cat yang mengelupas menunjukkan bahwa bisnis tidak bisa menjaga dirinya sendiri, jadi bagaimana mungkin bisa menjaga pelangganya. Saat nampak retakan dan cat mulai memudar, begitu juga citra Anda. Pertimbangkan untuk mengecat bangunan setiap lima atau delapan tahun. Dekorasi bisa dicat ulang dengan harga yang lebih murah setiap tiga atau empat tahun untuk memperpanjang usia dekorasi eksterior. Pilih warna cat dengan seksama. Warna harus mengundang dan memberikan efek yang positif bagi orang yang melihatnya. Berbagai bayangan abu-abu misalnya saat digabungkan dengan warna lain menunjukkan kewenangan, keyakinan dan bisa dipercaya. Pilih warna eksterior Anda yang menunjukkan pesan yang ingin Anda sampaikan.
Graffiti. Jika graffiti adalah masalah di lingkungan Anda, maka harus dihilangkan dalam 24 jam. Menghapus graffiti hanya akan mengundang lebih banyak lagi. Ya, mungkin Anda perlu waktu untuk menghilangkan grafitti secara permanen, tapi jangan menyerah! Graffiti bisa membuat pelanggan menjauh. Beberapa kota memiliki relawan yang tergabung dalam program relawan pembersihan grafitti atau tukang cat profesional yang secara teratur membersihkan dan menghilangkan grafitti saat muncul lagi. Cek dengan pemerintah setempat apakah mereka memiliki program serupa.
Jalan setapak. Jalan setapak harus bebas sampah yang mungkin saja dilalui pelanggan. Disamping itu, siapa yang ingin melangkahi sampah saat masuk ke tempat usaha? Jika mulai timbul retak, pastikan perbaikan yang sesuai. Retakan kecil bisa saja berbahaya bagi kursi roda, kereta bayi, pejalan kaki dan orang yang sudah lanjut usia yang mungkin mengalami masalah dengan kakinya.
Jendela dan teralis. Jendela luar mungkin menjadi kotor saat musim hujan. Tapi, kami tidak ingin tetap kotor di sepanjang tahun. Lumpur, cap tangan, kotoran, dan genangan air harus secepatnya dibersihkan. Perhatian Anda terhadap detil ini menunjukkan bisnis Anda mengikuti dan memperhatikan detil. Tidak ada yang lebih menjijikkan selain teralis yang dipenuhi kotoran. Teralis harus dibersihkan secara teratur oleh staf , atau jasa kebersihan khusus.
Pencahayaan yang memadai. Apakah jalan yang mengarah pada fasilitas Anda memiliki pencahayaan yang memadi? Orang merasa tidak nyaman saat memasuki area yang gelap. Saat pencahayaan luar mati, penggantian bohlam merupakan prioritas. Pencahayaan luar yang memadai menunjukkan tidak ada sesuatu yang disembunyikan dan melayani pelanggan dengan terbuka. Sebagai tambahan, jika ada pelindung yang jatuh karena mereka tidak bisa melihat jalan dengan jelas, Anda bisa dituntut secara hukum.
Tanda atau rambu yang sesuai. Apakah rambu Anda terlihat dengan jelas dan dibuat secara profesional? Cahaya yang berkilau dan tanda yang nampak remang-remang menunjukkan kita tidak bisa menjaga diri kita sendiri, jadi bagaimana kita menjaga orang lain? Jika terjadi pengrusakan tanda atau rambu, maka harus segera diperbaiki. Tanda yang tepat dan profesional menunjukkan rasa kebanggaan terhadap organisasi Anda serta jasa yang Anda sediakan bagi pelanggan.
Akses dan kenyamanan fasilitas. Apakah semua jalan masuk mudah ditemukan dan dinavigasi?Jika pintu masuk lapangan parkir adalah satu arah, apakah ada tanda yang terlihat jelas dan mudah dilihat? Berbelok ke arah kiri menuju arah fasilitas bisa jadi tantangan, terlebih jika tempat usaha Anda berada di tempat yang padat. Jalan masuk yang lebar dan nyaman akan mempermudah pelanggan untuk masuk dan keluar. Pelanggan menjadi tidak sabar saat mereka harus duduk di belakang kemudi dalam waktu yang lama untuk keluar dari tempat parkir. Mungkin saja mereka berpikir dua kali sebelum kembali.
Pembuangan sampah. Jika Anda tidak ingin sampah berada di tempat yang tidak semestinya, maka tempat sampah harus disediakan di beberapa sudut tempat parkir. Tempat sampah bisa diletakkan di dekat pintu masuk serta dimana orang biasanya berkumpul. Namun, jangan sampai lupa membersihkan tempat sampah secara teratur. Tidak ada pemandangan yang lebih buruk dibandingkan sampah yang menggunung di tempat sampah.
Kereta belanja. Seberapa sering Anda memeriksa kereta belanja dan menemukan tisu kotor atau sayuran kotor yang tertinggal di keranjang ? Mungkin Anda akan segera menarik keranjang lain dan meninggalkan yang pertama disana. Kadang kita pernah menarik kereta dengan roda yang rusak. Kereta yang tidak menyentuh lantai dengan baik, atau memaksa Anda belok kanan saat Anda ingin belok kiri. Keranjang belanja adalah bagian penting lainnya dalam citra bisnis Anda. Bagaimana Anda memelihara kebersihan kereta dan membuatnya berjalan dengan sempurna menunjukkan pada pelanggan seberapa baik Anda memelihara mereka.
Kendaraan perusahaan. Sebelum pelanggan tiba di tempat bisnis Anda, mungkin dia sudah melihat kendaraan perusahaan Anda. Kendaraan juga mewakili citra bisnis Anda. Menjaga kebersihan dan dipoles dengan baik, meski itu artinya mengunjungi tempat cuci mobil tiga kali dalam seminggu.
Bisnis apapun bisa menciptkan citra positif dan powerful . Membutuhkan waktu, kepedulian, dan pengabdian. Nilai yang penting, bagaimanapun adalah kesan pertama dengan pelanggan yang menunjukkan bisnis Anda sudah menciptakan iklim layanan pelanggan.
Singkatnya, tampilan fisik menentukan seberapa sukses bisnis Anda saat ini dan yang akan datang.
Penulis: Eileen O. Brownell adalah President of Training Solutions, Chico, perusahaan yang berbasis di California. Lebih dari 25 tahun, Eileen dianggap sebagai pembicara dan trainer ‘berenergi tinggi’ dan membuat pembelajaran sebagai pengalaman yang terus berlangsung. Keahliannya di bidang layanan pelanggan, resolusi konflik, komunikasi, dan pengembangan tim. Dia memiliki ijin untuk menggunakan Carlson Learning Products yang memperkaya proses pembelajaran. Televisi kabel telah mempertunjukkan program pendidikan Eileen. "Kita tidak bisa memilih tantangan yang ada di hadapan kita. Tapi, kita bisa memilih sikap dan bagaimana bereaksi,” adalah filosofinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar