Kamis, 22 Maret 2012

Tips Berani Untuk Berkata Tidak

Seribu Satu Cara | Tips Berani Untuk Berkata Tidak – Kali ini blog seribu satu cara akan berbagi artikel mengenai Tips Berani Untuk Berkata Tidak.
Seperti apakah artikel selengkapnya mengenai Tips Berani Untuk Berkata Tidak ini? Yuk, kita simak aja sama-sama kutipan artikel mengenai Tips Berani Untuk Berkata Tidak berikut ini… [-kritz-]
————-Kutipan: Tips Berani Untuk Berkata Tidak—————-

Tips Berani Untuk Berkata Tidak


Takut mengecewakan orang lain, khawatir jadi tidak disukai, atau karena ingin mempertahankan kelangsungan hubungan, seringkali membuat orang tidak berani mengatakan ‘tidak’ terhadap permintaan orang lain. Berat memang mengungkapkan hal yang bertolak belakang dengan keinginan lingkungan, namun apabila Anda telah mampu mengungkapkannya, Anda akan merasakan kebebasan diri telah Anda dapatkan, dan beban itu akan hilang dengan sendirinya. Berikut ini cara untuk bersikap asertif dengan menolak permintaan orang lain:
1. Pastikan Sikap Anda. Jika Anda sudah merasa yakin dan pasti akan pilihan Anda sendiri, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menyatakannya. Anda pun akan merasa lebih percaya diri.
2. Berikan penjelasan atas penolakan Anda secara singkat, jelas dan logis. Karena, penjelasan yang panjang lebar hanya akan mengundang argumentasi dan perdebatan dari pihak lain.
3. Jaga agar sikap tubuh juga mencerminkan ‘bahasa’ yang sama dengan pikiran dan verbal Anda. Karena,seringkali orang tanpa sadar menolak permintaan orang lain, namun dengan sikap yang bertolak belakang, misalnya raut wajah yang terlihat takut.
4. Tak perlu minta maaf atas penolakan yang Anda sampaikan. Lebih baik Anda katakana dengan penuh empati, seperti “Saya mengerti berita ini tidak menyenangkan bagi Anda, tapi terus terang saya sudah memutuskan untuk…”
5. Jangan khawatir merasa bersalah. Sepanjang alasan penolakan Anda tersebut jelas dan logis, oke saja menolak. Ingat Anda tidak bertanggung jawab atas kehidupan, kebahagiaan dan kepuasan orang lain.
Sumber:
Tips Berani Untuk Berkata Tidaktipsanda.com

Tidak ada komentar: